A to Z Lahirnya the Bencoolen Coffee

Sudah menjadi rahasia umum kopi adalah salah satu komoditas andalan Provinsi Bengkulu. Produksi kopi Bengkulu bahkan terbesar ketiga di Indonesia setelah Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung.

Kopi Bengkulu memiliki rasa sedikit asam dan lebih pahit sehingga pas bagi mereka yang punya masalah asam lambung dan cocok pula jika dicampur dengan susu. Untuk lebih luas memperkenalkan kenikmatan kopi Bengkulu ini, the Bencoolen Coffee pun lahir, persisnya pada 18 November 2018.

The Bencoolen Coffee hadir di tengah berkembangnya kopi kekinian di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Dalam pengembangan bisnisnya, the Bencoolen Coffee mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, seperti penggunaan gudang kopi yang beralamat di Jl. Air Tabah Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

The Bencoolen Coffee juga didirikan untuk membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi. Dalam hal ini, the Bencoolen Coffee mendapat akses membeli kopi langsung ke kelompok tani atau petani di Bengkulu dengan harga yang mengikuti harga pasar.

Dalam menjual suatu produk, kualitas adalah faktor penting. Begitu pula the Bencoolen Coffee yang mengutamakan kualitas di setiap produknya.

Kopi-kopi yang digunakan oleh the Bencoolen Coffee sudah melewati serangkaian proses seleksi, mulai dari tahap pemetikan, pembersihan, penjemuran sampai penggilingan. Lantaran semua dilakukan berdasarkan standar, maka green bean coffee yang dihasilkan juga bagus bahkan ketika sudah tiba di Jakarta, di mana perjalanan Bengkulu-Jakarta memakan waktu maksimum kurang lebih 5 (lima) hari dengan truk atau ekspedisi.

Bisnis the Bencoolen Coffee baru berjalan sekitar 1,5 tahun dan sejauh ini reaksi pasar sangat baik. The Bencoolen Coffee sekarang membuka master franchise untuk menjawab keinginan masyarkat yang ingin bermitra dengan the Bencoolen Coffee. Saat ini, the Bencoolen Coffee bahkan hadir di Malaysia sejak Februari 2020 oleh mitra kami.

Terkait kemitaan, the Bencoolen Coffee diantaranya  menawarkan program kemitraan untuk para kaum millenial atau masyarakat umum yang tertarik membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal yang terjangkau. Kedai kopi susu ini bisa dibuka di rumah, di kantin sekolah, di pasar dan di tempat-tempat strategis lainnya. The Bencoolen Coffee juga bersedia membantu promosi di media sosial Bencoolen dan membantu penjualan secara online.

Menu minuman di the Bencoolen Coffee semuanya kopi khas atau yang digemari masyarakat indonesia, contohnya kopi tubruk, tubruk susu, v60, coffee latte dan es kopi susu kekinian dan jenis lainnya. Semua produk tersebut sudah ada segmennya, mulai dari kalangan muda sampai dewasa karena produk Bencoolen Coffee dijual di pasar-pasar tradisional sampai kedai kopi (coffee shop).

Melalui kerjasama antara Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Bengkulu, kini kopi Bengkulu telah hadir di kios-kios kopi di Pasar Tradisional dalam jaringan Perumda Pasar Jaya sejak Oktober 2019.

Sumber: The Bencoolen Coffee

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *