Masyarakat Provinsi Bengkulu patut berbangga diri karena kopi Bengkulu pada Oktober 2019 lalu memenangkan tiga penghargaan Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Prancis. Kopi Bengkulu memenangkan medali perak dan perunggu untuk keunggulan kualitas dan rasanya. 

Jenis kopi Bengkulu yang meraih penghargaan itu yakni Bencoolen Rejang Lebong, Bencoolen Kepahiang dan Bermani Coffee Rejang Lebong. Salah satu penghargaan yang diraih yakni kategori Puissant Doux (karakter kopi).

AVPA adalah sebuah LSM yang bermarkas di Paris, Prancis, yang fokus meningkatkan nilai produk-produk pertanian. AVPA juga memberi pengakuan atas peran produsen dalam membuat produknya menjadi produk unggulan, di mana hal ini kadang sering kali terlupakan ketika suatu produk sudah masuk ke pasaran.

Presiden AVPA Philippe Juglar menilai kopi Bengkulu memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Hal ini merupakan peluang besar bagi kebangkitan ekonomi masyarakat melalui kopi.

Ucapan Juglar itu bukan isapan jempol. Di Bengkulu dalam tiga tahun terakhir jumlah pelaku usaha kopi berkembang pesat. Sekarang ini diperkirakan ada sekitar 135 merek kopi premium Bengkulu bermunculan.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menilai penghargaan dari AVPA ini berkat perjuangan dan komitmen masyarakat Bengkulu dan para pelaku usaha kopi di provinsi itu yang terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid ketika itu juga ikut gembira dengan penghargaan tersebut. Baginya, penghargaan ini berkat kerja keras pemerintah dan para petani kopi Bengkulu dalam menjaga kualitas dan memasarkan kopi Bengkulu secara luas.

Setelah penghargaan ini diperoleh, Bupati Hidayat ingin semua pihak terkait tetap bersama-sama meningkatkan kualitas produk kopi kepahiang agar kopi Bengkulu secara keseluruhan tidak tergeser posisinya ditingkat nasional dan internasional.

Melalui penghargaan ini pula, maka kualitas dan cita rasa kopi Bengkulu tak perlu diragukan lagi. Bagi masyarakat di luar Provinsi Bengkulu yang ingin mencicipi kopi Bengkulu, kini bisa dengan mudah mendapatkannya di the Bencoolen Coffee, yang juga menjual produknya di Tokopedia dan Shopee.

Produk kopi di the Bencoolen Coffee dibuat dari 100 persen biji kopi Bengkulu jenis robusta, tanpa campuran apa pun. Bagi mereka yang tak suka kopi pahit, bisa menambahkan susu kental manis 20-30 ml ke dalam kopi atau gula aren khas Bengkulu yang sudah teruji sehat karena aman untuk yang sedang menjalani program diet.

Di the Bencoolen Coffee, kopi Bengkulu bentuk bubuk dijual dalam kemasan beragam ukuran dan jenis. Robusta adalah kopi pahit, namun fine robusta Bencoolen Coffee memiliki acidity (keasaman) yang tidak terlalu tebal sehingga masyarakat bisa merasakan cita rasa kopi yang sesungguhnya, tanpa gula. Di Bencoolen Coffee juga dijual macam-macam minuman kopi kekinian, yang bahan dasarnya tentu saja dari kopi Bengkulu asli.

Sumber: bengkulu.antaranews.com – klikwarta.com – bencoolencoffee.com

AVPA Awards 2019

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?